Events

16 - 17

September

2019

Konferensi Nasional Minyak Atsiri 16 -17 Oktober 2019 Samarinda, Prov Kalimantan Timur, Aston Samarinda Hotel & Convention Center

Konferensi Nasional Minyak Atsiri (KNMA) merupakan suatu forum tahunan yang diadakan oleh Dewan Atsiri Indonesia (DAI) dengan mengundang semua stakeholder minyak atsiri untuk bertemu pada satu waktu di satu tempat, guna memudahkan terjadinya transfer informasi terkini mengenai agribisnis dan agroindustri minyak atsiri dan memungkinkan terjalinnya bisnis yang lebih luas. Setelah diselenggarakan di Kota Medan pada tahun 2018, tahun ini KNMA akan diselenggarakan di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya pada tanggal 16 Oktober 2019. Dengan mengangkat thema: “Atsiri Hutan Tropis dan Lahan Pasca Tambang Indonesia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan “ diharapkan  topik yang akan dibahas baik pada pleno maupun paralel, dapat dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat untuk kembali bergairah mengelola lahan yang ada  dengan tanaman  potensial atsiri.

Mengingat peluang bisnis dibidang atsiri yang masih sangat terbuka lebar dimana minyak atsiri digunakan sebagai bahan baku industri diantaranya industri obat-obatan, kosmetik dan makanan. Kegiatan Konferensi ini menjadi salah satu  tempat  yang cocok untuk saling berbagi pengalaman.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dewan Atsiri Indonesia dengan Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman.

Mengapa di Kota Samarinda…?

Kalimantan Timur dengan ibukota nya Samarinda memiliki sumber daya bahan tambang yang besar sehingga banyak perusahaan pertambangan beroperasi di Kalimantan Timur. Pemulihan kembali lahan pasca tambang merupakan kewajiban dari perusahaan dan kegiatan ini memerlukan biaya besar. Namun jenis-jenis tanaman yang digunakan untuk reklamasi tidak menghasilkan apa apa.

Akhir akhir ini telah dicoba penanaman tanaman atsiri pada lahan bekas tambang dengan hasil yang menjanjikan. Oleh karena itu, dalam konferensi ini akan disosialisasikan penggunaan jenis-jenis tanaman atisiri untuk reklamasi lahan bekas tambang dan potensi ekonominya.

Guna terselenggaranya kegiatan ini, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada kegiatan tersebut. (Rundown Acara terlampir).

Informasi Pendaftaran: Hubungi Sekretariat DAI: 081282827870 ( WhatApps, Telegram)